SKEMA SERTIFIKASI

RESERVASI DAN PENJUALAN TIKET ( Reservations & Ticketing )

No Kode Unit Judul Unit
A  CORE & GENERIC COMPETENCY
1. D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
2. D2.TCC.CL1.02 Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
3. D2.TCC.CL1.04 Mengikuti prosedur  kesehatan, keselamatan, dan keamanan di tempat kerja
4. D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi secara efektif melalui telepon
5. D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri pariwisata
6. D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan
7. D2.TCC.CL1.09 Melaksanakan prosedur administrasi
8. D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
9. D2.TCC.CL1.13 Menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi
10 D2.TCC.CL1.14 Melakukan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata
11. D2.TCC.CL1.15 Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama
B  TRAVEL AGENCY – TICKETING
1.  D2.TTA.CL2.06 Menghitung dan menyiapkan tiket penerbangan domestik
2. D2.TTA.CL2.13 Mengoperasikan sistem penempahan dengan menggunakan komputer ( computer reservation system )
3. D2.TTA.CL2.14 Mengoperasian sistem informasi secara otomatis
4. D2.TTA.CL2.15 Menghasilkan dokumentasi perjalanan menggunakan komputer
5. D2.TTA.CL2.17 Menerima dan memproses sistem penempahan ( reservation system )
6. D2.TTA.CL2.19 Mencari dan menyediakan informasi dan saran
C   COMMON CORE COMPETENCIES
1. D2.TCC.CL1.03 Menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
2. D2.TCC.CL1.06 Menangani situasi konflik
3. D2.TCC.CL1.12 Memproses transaksi keuangan
4. D2.TCC.CL5.04 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri pariwisata

 

OPERASIONAL TUR  ( Operation )

No Kode Unit Judul Unit
A  CORE & GENERIC COMPETENCY
1. D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
2. D2.TCC.CL1.02 Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
3. D2.TCC.CL1.04 Mengikuti prosedur  kesehatan, keselamatan, dan keamanan di tempat kerja
4. D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi secara efektif melalui telepon
5. D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri pariwisata
6. D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan
7. D2.TCC.CL1.09 Melaksanakan prosedur administrasi
8. D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
9. D2.TCC.CL1.13 Menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi
10. D2.TCC.CL1.14 Melakukan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata
11. D2.TCC.CL1.15 Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama
B  TRAVEL AGENCY – TICKETING
1.  D2.TTA.CL2.01 Mendapatkan dan menginterpretasikan informasi produkk
2. D2.TTA.CL2.16 Menyiapkan penawaran harga
3. D2.TTA.CL2.18 Mencari dan membuat paket produk dan jasa wisata
4. D2.TTA.CL2.19 Mencari dan menyediakan informasi dan saran
C TOUR GUIDE SERVICE
1. D2.TTG.CL3.08 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan lokal
D TOUR OPERATIONS
1. D2.TTO.CL4.01 Mengalokasikan sumber daya pariwisata
2. D2.TTO.CL4.04 Melakukan pemeriksaan pra keberangkatan
3. D2.TTO.CL4.09 Mengelola dan melaksanakan rencana perjalanan tour secara terperinci
E CUSTOMER SERVICE, SALES AND MARKETING
1. D2.TCS.CL5.04 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri pariwisata
2. D2.TCC.CL5.07 Mengkoordinasikan pembuatan brosur dan bahan pemasaran

 

MEMANDU  ( Guiding )

No Kode Unit Judul Unit
A  CORE & GENERIC COMPETENCY
1. D2.TCC.CL1.01 Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
2. D2.TCC.CL1.03 Menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja
3. D2.TCC.CL1.05 Berkomunikasi secara efektif melalui telepon
4. D2.TCC.CL1.07 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri pariwisata
5. D2.TCC.CL1.11 Berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
6. D2.TCC.CL1.14 Melakukan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata
7. D2.TCC.CL1.15 Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama
8. D2.TTG.CL3.01 Bekerja sebagai pemandu wisata
9. D2.TTG.CL3.03 Melakukan kegiatan penafsiran di lapangan
10. D2.TTG.CL3.04 Melakukan pemeriksaan pra-keberangkatan
11. D2.TTG.CL3.05 Mengkoordinasikan dan mengoperasikan aktivitas wisata sesuai dengan budaya
12. D2.TTG.CL3.08 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan local
B  TOUR GUIDE SERVICE
1. D2.TTG.CL3.02 Mengalokasikan sumber daya pariwisata
2. D2.TTG.CL3.11 Membangun dan memelihara kondisi tour yang aman
3. D2.TTG.CL3.12 Memimpin rombongan tur / wisata secara bertanggung jawab
4. D2.TTG.CL3.14 Mengelola dan memfasilitasi perpanjangan tur
5. D2.TTG.CL3.17 Menyiapkan dan menyajikan informasi pada tur
6. D2.TTG.CL3.18 Memberikan bantuan pada kedatangan dan keberangkatan
C COMMON CORE COMPETENCIES
1. D2.TCC.CL1.02 Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
2. D2.TCC.CL1.08 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan